Monday 17 January 2011

Lilith, Iblis Cantik tapi Menakutkan

Siapakah Lilith itu?




Dalam Lexicon Ibrani (Strong No. H3917)"LILIT" atau LIYLIYTH atau LILITH, artinya : nama seorang dewi yang di ketahui sebagai setan malam yang menghantui tempat sepi di Edom.

Pengertian Lilith lain adalah:
a. binatang malam yang mendiami tempat-tempat sunyi
b. hantu malam.
c. teriakan burung hantu.

Dalam Mitos Yahudi :

Orang-orang Ibrani mengadopsi ini dan menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolak persamaan ini, dan Tuhan membuang Lilith jauh dari surga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

Spoiler for Penampakan Lilith:





Dalam Mitologi Mesopotamia :

Lilith,atau disebut Lilitu oleh bangsa Akkadian berarti Female Night Being/ Demon, yaitu sebangsa iblis betina yg sering muncul dalam mimpi erotik seorang pria dan berhubungan badan dengannya dalam mimpi.

Namanya sering dikaitkan dengan kemunculan badai, gurun pasir dan penyakit.

Julukan bagi Lilith adalah The Beautiful Maiden, dimana ia tidak memiliki kelenjar susu di payudaranya serta tidak mampu melahirkan anak.

Menurut beberapa keterangan Lilith digambarkan sebagai wanita yg memiliki kaki seperti burung dan memiliki sepasang sayap, mirip deskripsi Harpy di Yunani.

Dikatakan bahwa mereka hidup di padang pasir yg terpencil dan mempunyai ketertarikan seksual yang sangat tinggi pada pria, tapi mereka tidak mampu berhubungan badan secara normal.

Dalam beberapa literatur bangsa Sumeria dia dijuluki Handmaiden of Innana, dimana sang dewi menguasai lilitu utk menggoda para pria.

Spoiler for Penampakan Lilith:



Spoiler for Penampakan Lilith:




0 comments:

Post a Comment